tag:blogger.com,1999:blog-69048836907117311502024-02-08T05:30:20.155-08:00Pendidikan Sepanjang HayatPendidikan Sepanjang Hayathttp://www.blogger.com/profile/01040627171547991266noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-6904883690711731150.post-72862154518895441592009-05-16T07:50:00.000-07:002009-05-16T08:14:52.778-07:00<strong>KODE MATA KULIAH: PPs 509<br />NAMA MATA KULIAH: Orientasi Baru dalam Psikologi Belajar<br />NAMA DOSEN: Drs. H. Sujiman, M.Pd.<br />HARI/TANGGAL PERKULIAHAN: Jum’at, 15 Mei 2009</strong><br /><br /><br /><strong>ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI BELAJAR<br />TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU)</strong><br />Di akhir semester mahasiswa dapat menjelaskan tiga aliran baru dalam psikologi belajar dan melakukan analisis terhadap fenomena yang terdapat di bidang pendidikan dengan menggunakan perspektif yang relevan.<br /><br /><strong>PSIKOLOGI DAN BELAJAR </strong><br /> Psikologi adalah ilmu mengenai perilaku (Norman Munn, 1951)<br /> Psikologi adalah studi ilmiah mengenai perilaku (Kenneth Clark dan George Miller, 1970).<br /><p> Psikologi kajian ilmiah tentang jiwa dan tingkah laku manusia dan binatang (Benson dan Grove, 1998)</p><p><strong>Teori Perkembangan Manusia </strong><br /></p>o Teori Empirisme (John Locke)<br />o Teori Nativisme (Schopenhauer)<br />o Teori Natural (Rousseau)<br />o Teori Konvergensi (William Stern)<br /><br /><strong>FUNGSI TEORI BELAJAR</strong><br />1. Sebagai panduan untuk merancang pembelajaran.<br />2. Menguji produk yg digunakan dalam pembelajaran di kelas <br />3. Mendiagnose masalah yg muncul dalam kelas <br />4. Menguji riset yg dilaksanakan berdasarkan teori tertentu (Gredler, 1992) <br /><br /><strong>BEBERAPA PANDANGAN DALAM PSIKOLOGI BELAJAR</strong><br />1. Pandangan Psikologi Behaviorisme (1950-1960)<br /> <strong> a. Penganutnya :</strong><br /> - Thorndike<br /> - Pavlov<br /> - Watson<br /> - Gutrie <br /> - Skinner<br /><strong>b. Tokoh psikologi behaviorisme pandangannya berdasarkan penelitian :</strong><br /> Thorndike : Objek penelitiannya kucing dalam kurungan yg pintunya diberi tali. Tugas kucing keluar untuk mendapat makanan/hadiah di luar kurungan.<br /> Pavlov : Objek penelitiannya binatang anjing.<br /> Watson : Objeknya adalah tikus dan anak. <br /> Guthrie : Objek dalam PBM yang penting adalah hubungan/kontak/stimulus dari guru<br /> Skinner : Penelitiannya tikus (= Thorndike ). Hadiah/reward /reinforcement unsur penting dalam PBM.<br /><br /><strong>c. Prinsip Teori Belajar Behaviorisme</strong><br /> 1. Proses belajar akan berlangsung baik kalau siswa aktif <br /> 2. Materi pelajaran disusun dlm unit-unit kecil dg urutan yg logis <br /> 3. Umpan balik segera diberikan agar siswa mengetahui apakah respon mereka benar atau salah <br /> 4. Untuk respon yg benar berikan penguat positif. <br /> (HARTLEY DAN DAVIES, 1978)<br /><br /> <br /><br /><strong>TEORI BELAJAR</strong><br /><strong>A. Pengertian belajar dari beberapa tokoh </strong><br /><strong>1. Gagne</strong> : mengatakan belajar sebagai proses di mana organisme perubahan perilakunya diakibatkan oleh pengalaman.<br /><strong>2. Harold Spear</strong>: mendefinisikan bahwa belajar terdiri dari pengamatan, pendengaran, membaca, dan meniru.<br /><strong>3. Skinner</strong>: berpendapat belajar suatu proses adaptasi tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Teori behaviorisme (S - R), tokoh: Pavlov, Guthrie. <br /><strong>4. Chaplin</strong> : belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman.<br /><strong>5. Hintzman</strong>: belajar adalah suatu perubahan yangg terjadi dalam diri organisme yang disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku.<br /><strong>6. Reber</strong>: berpendapat dua definisi belajar, yaitu <br />a. belajar suatu proses memperoleh pengetahuan.<br />b. Belajar suatu perubahan kemampuan yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yg diperkuat. Hal yg esensial dan perlu disoroti dlm proses belajar ada empat, yaitu:<br />(a) relatively permanent, (b) response potentiality, (c) reinforce (d) practice.<br /><strong>7. Biggs</strong>: mendefinisikan belajar ada 3:<br />a. <strong>Rumusan kuantitatif</strong>: belajar berarti kegiatan pengembangan kemampuan kognitif <br /> dengan fakta yang sebanyak-banyaknya.<br />b. <strong>Secara institusional</strong>: belajar sebagai proses “validasi” terhadap penguasaan siswa <br /> atas materi yang telah ia pelajari. (secara Kelembagaan)<br />c. <strong>Secara kualitatif</strong>: (tinjauan mutu), belajar adalah proses memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman serta cara menafsirkan dunia di sekeliling mereka. Belajar di sini difokuskan pada tercapainya daya pikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi siswa. <br /><br /><strong>Berdasarkan konsep belajar tersebut di atas, maka pendidik/guru melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut kinerja psikologis yang utuh dan menyeluruh (aneka ragam sifat, sikap, yang konstruktif bukan destruktif/merusak).</strong><br /><br /><strong>B. Prinsip-prinsip Belajar </strong><br />1. Belajar sebagai usaha memperoleh perubahan tingkah laku.<br /> Ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar:<br /> a. Perubahan yang disadari. <br /> b. Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu dan fungsional. <br /> c. Perubahan bersifat positif dan aktif.<br /> d. Perubahan dalam belajar memiliki tujuan <br />2. Hasil belajar ditandai dengan seluruh aspek tingkah laku.<br />3. Belajar merupakan suatu proses. <br />4. Proses belajar terjadi karena ada dorongan dan tujuan yang akan dicapai. <br /> <br /><strong>C. Manifestasi Perbuatan Belajar.</strong><br /> 1. Kebiasaan 6. Sikap <br /> 2. Keterampilan 7. Inhibisi <br /> 3. Pengamatan 8. Apresiasi <br /> 4. Berpikir asosiasi 9. Tingkah laku afektif <br /> 5. Berpikir rasional<br /><br /><strong>D. Proses belajar </strong><br /><strong>1. Definisi proses belajar: </strong><br /> Proses dari bahasa latin, “prosesus” yang artinya berjalan ke depan.<br /> <strong> Chaplin</strong>: proses suatu perubahan yang menyangkut tingkah laku atau kejiwaan.<br /> <strong>Reber</strong>: proses berarti cara atau langkah-langkah khusus yang menimbulkan perubahan sehingga tercapainya hasil tertentu.<br /><br /><strong>Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat dikatakan bahwa proses belajar sebagai tahapan perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik dalam diri siswa yang bersifat positif.</strong><br /> <br /><strong>2. Fase dalam proses belajar </strong><br /><strong> Jerome S. Bruner</strong>, proses belajar ada 3 fase yaitu:<br /> a. Fase informasi (tahap penerimaan materi)<br /> b. Fase transformasi (tahap pengubahan materi)<br /> c. Fase evaluasi (tahap penilaian materi)<br /><strong> Wittig</strong>: fase proses belajar ada 3 tahapan:<br /> a. <em>Acquisition</em> (perolehan/penerimaan informasi)<br /> b. <em>Storage</em> ( tahap penyimpanan informasi)<br /> c. <em>Retrieval</em> ( tahap mereproduksi/ mengungkap kembali materi dari memori)<br /><br /><strong>E. Faktor-faktor yg mempengaruhi belajar </strong><br /><strong>1. Faktor Internal siswa </strong><br /> a. Aspek pisiologis (keadaan fisik)<br /> b. Aspek psikologis (inteligensi, minat, bakat, sikap, motivasi)<br /><strong>2. Faktor Eksternal Siswa</strong> <br /> a. Keluarga <br /> b. Sekolah <br /> c. Masyarakat<br /> Pendidikan Sepanjang Hayathttp://www.blogger.com/profile/01040627171547991266noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6904883690711731150.post-20894120683348948272009-05-16T06:15:00.000-07:002009-05-16T06:23:04.065-07:00<p>Selamat datang di blog kami, www.manajemenpendidikankutim.blogspot.com. Blog ini dibangun oleh para mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 untuk Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP Universitas Mulawarman Samarinda - Kalimantan Timur, yang diselenggarakan di Kabupaten Kutai Timur. </p><p>Blog ini akan kami gunakan untuk membagi materi perkuliahan yang kami dapatkan sepanjang masa pendidikan kami. Selain bermanfaat bagi para mahasiswa yang mungkin tidak sempat mencatat pada saat kuliah, posting-an materi perkuliahan ini juga semoga bermanfaat bagi siapapun yang memerlukannya.</p><p>Apa yang kami sajikan mungkin tidak sempurna, karena itu masukan ataupun informasi tambahan dari para pengunjung blog ini sangat kami harapkan demi melengkapi materi yang kami bagi ini.</p><p>Selamat datang di blog kami, maju terus pendidikan Indonesia!!</p>Pendidikan Sepanjang Hayathttp://www.blogger.com/profile/01040627171547991266noreply@blogger.com0